Perbedaan, Contoh, Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

INIRUMAHPINTAR - Materi ajar yang akan diuraikan pada postingan ini yaitu Perbedaan, Contoh, Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi. Pembahasan ini bertujuan untuk menjawab sejumlah pertanyaan seperti: Jelaskan perbedaan buku fiksi dan buku nonfiksi!, sebutkan contoh buku fiksi dan nonfiksi!, jelaskan hubungan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi! Langsung saja, inilah penjelasan lengkapnya:

Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi

Buku fiksi adalah buku yang berisi cerita atau kejadian yang tidak sebenarnya. Sedangkan buku nonfiksi adalah buku yang berisikan kejadian sebenarnya yang disampaikan menurut pendapat/opini/kajian penulis. 

Dengan kata lain, buku fiksi adalah buku yang di dalamnya berisi cerita rekaan atau khayalan. Sedangkan buku nonfiksi adalah buku yang dibuat berdasarkan fakta dan kenyataan. 

Contoh Buku Fiksi dan Nonfiksi

Contoh buku fiksi yaitu buku cerita anak, dongeng, novel, cerita pendek (cerpen), fabel, dan komik.

Contoh buku nonfiksi yaitu buku pelajaran, buku ensiklopedia, esai, jurnal, dokumenter, biografi, dan laporan ilmiah (makalah, skripsi, tesis, disertasi).

https://www.flickr.com/photos/calliope/9185549969

Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Unsur-unsur buku nonfiksi meliputi bagian cover buku, rincian subbab buku, judul subbab, isi buku, cara menyajikan isi buku, bahasa yang digunakan, sistematika penulisan. 

Sedangkan unsur-unsur buku fiksi terdiri dari bagian cover buku, rincian subbab buku, judul subbab, tokoh dan penokohan, tema cerita, bahasa yang digunakan, dan penyajian alur cerita.

Dalam hal kegiatan mengomentari buku fiksi dan nonfiksi, unsur-unsur yang tertera di atas merupakan acuan dasar. Boleh saja semua unsur dimasukkan ke dalam komentar, boleh juga hanya sebagian. 

Hubungan Antar Unsur dalam Buku Fiksi dan Buku Nonfiksi 

Dengan mengamati setiap unsur yang yang terkandung di dalam buku fiksi dan nonfiksi, kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian unsur memiliki kesamaan dan sebagian yang lain berbeda. Unsur yang sama-sama dimiliki baik buku fiksi maupun buku nonfiksi yaitu sampul/cover, subbab, dan judul subbab. 

Dalam hal perbedaan, buku nonfiksi memiliki isi yang ilmiah/aktual/faktual, disajikan dengan bahasa baku, dan memiliki sistematika penulisan standar. Sedangkan buku fiksi memiliki tokoh dan penokohan sebagai pelaku cerita, didukung dengan tema, disajikan dengan bahasa variatif (biasanya tidak baku), dan dilengkapi dengan alur cerita yang beraneka ragam. 

Referensi: 
1. Yes! Aku Lulus US SD/MI Karangan Floribertus Supriya
2. Buku Bahasa Indonesia kelas 6 karangan Engkos Kosasih, dkk


Sekian pembahasan tentang Perbedaan, Contoh, Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Perbedaan, Contoh, Unsur-unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!