Pengertian, Cara, Tujuan, Manfaat Refleksi dalam Pembelajaran

INIRUMAHPINTAR - Apabila terdengar istilah refleksi, maka yang terkilas dalam ingatan yaitu proses belajar mengajar, penilaian, pendidikan, kelas, sekolah, pesan, kesan, evaluasi, interaksi guru dan siswa. Lalu, apa pengertian refleksi itu? bagaimana cara melaksanakannya? apa tujuan dan manfaatnya? Berikut ini penjelasan lengkap tentang Pengertian, Cara, Tujuan, Manfaat Refleksi dalam Pembelajaran:

Pengertian Refleksi dalam Pembelajaran

Refleksi adalah aktivitas pembelajaran berupa penilaian atau umpan balik peserta didik terhadap guru setelah mengikuti serangkaian proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Refleksi juga dapat diartikan sebagai aktivitas peserta didik yang berisi ungkapan perasaaan, pesan dan kesan atas pembelajaran yang telah diikuti. Dalam melakukan kegiatan refleksi, peserta didik tidak boleh di bawah tekanan atau intimidasi guru. Peserta didik harus dipastikan benar-benar jujur dan terbuka agar seluruh beban-beban pikiran yang mengganggunya dapat tersalurkan dengan baik dan aman.

Tujuan Refleksi dalam Pembelajaran

Kegiatan refleksi dalam pembelajaran memiliki tujuan-tujuan penting, yaitu:
  1. Untuk mengetahui sejauh mana minat peserta didik mengikuti pembelajaran
  2. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan strategi, model, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran yang diterapkan oleh guru
  3. Untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan peserta didik secara terperinci sehingga guru dapat merancang pembelajaran yang lebih baik di pertemuan berikutnya
  4. Untuk mengidentifikasi kekurangan atau kelemahan guru dalam penyajian materi dan penguasaan kelas

sumber ilustrasi : Flickr

Manfaat Refleksi dalam Pembelajaran

Manfaat refleksi dalam proses pembelajaran dibedakan menjadi:
  1. Bagi peserta didik, kegiatan refleksi  bermanfaat sebagai ruang ekpresi positif terhadap guru dan proses pembelajaran yang dialami.
  2. Bagi guru, kegiatan refleksi bermanfaat sebagai ajang pengamatan tindakan kelas dalam rangka memetakan karakter dan daya saing peserta didik sehingga memudahkan dalam membagi kelompok, menetapkan bobot materi, menyelenggaran pengajaran dan melakukan evaluasi. 

Cara / Langkah-langkah Kegiatan Refleksi

Kegiatan refleksi dilaksanakan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Guru membagikan secarik kertas sebagai instrumen refleksi (diary) 
  2. Peserta didik menulis identitas (nama, nomor induk siswa, dan kelas)
  3. Peserta didik mengucapkan terima kasih dan penghargaan terhadap perjuangan dan usaha guru dalam mengajar mereka.
  4. Peserta didik menuangkan kesan-kesan yang dirasakan selama mengikuti pembelajaran dalam rangkaian kata yang singkat, jelas, dan padat dengan penuh kejujuran dan keterbukaan
  5. Peserta didik menuangkan pesan-pesan positif kepada gurunya 
  6. Peserta didik mengutarakan harapan, keinginan, dan kebutuhan baik yang telah tercapai atau belum selama proses pembelajaran
  7. Peserta didik menambahkan catatan privasi di bagian penutup agar guru dapat mengetahui apakah hasil refleksi tersebut boleh dipublikasikan atau tidak.
  8. Peserta didik mengumpulkan instrumen refleksi.
  9. Guru membaca hasil refleksi, melakukan evaluasi, menindaklanjuti, dan melaksanakan refleksi tahap berikutnya
Setelah tercipta tren keseragaman dalam hasil refleksi peserta didik, maka guru dianggap telah berhasil. Namun, itu bukan indikasi agar kegiatan tersebut boleh dihentikan. Yang direkomendasikan adalah mengurangi intensitas kegiatan refleksi seiring semakin membaiknya kegiatan belajar mengajar. 

Semoga pembahasan tentang Pengertian, Cara, Tujuan, Manfaat Refleksi dalam Pembelajaran di atas dapat menginspirasi para guru untuk terus berkarya demi kemajuan di bidang pendidikan.

3 Responses to "Pengertian, Cara, Tujuan, Manfaat Refleksi dalam Pembelajaran"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!