Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Teks ulasan / Resensi

INIRUMAHPINTAR - Inilah penjelasan lengkap tentang Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Teks ulasan / Resensi yang disajikan berdasarkan sumber-sumber terpercaya. Selamat membaca!

Pengertian Teks Ulasan / Resensi

Apa pengertian teks ulasan? Teks ulasan adalah suatu teks atau tulisan kritis yang disusun berdasarkan hasil penilaian, pengamatan, pertimbangan, dan pemeriksaan secara terperinci terhadap suatu karya baik fiksi maupun nonfiksi seperti buku, novel, puisi, cerpen, film, musik, dan sebagainya. Teks ulasan dikenal juga sebagai resensi. Pernah dengar tidak kata resensi? Resensi adalah turunan kata dari revidere atau recensere. Keduanya adalah bahasa Latin yang bermakna melihat kembali, menimbang, menilai.

Selain itu, resensi juga identik dengan kata review dari bahasa Inggris dan kata recensie dari bahasa Belanda, yang semuanya mengarah pada arti meninjau kembali atau mengulas. Itu berarti teks ulasan / resensi mengandung pengungkapan kembali isi suatu karya secara singkat dan padat dengan memperhatikan sistematika dan langkah-langkah yang telah ditetapkan atau sesuai kebutuhan.

Pembuatan teks ulasan / resensi harus berupa penilaian objektif dan bukan menurut selera pribadi si pembuat resensi. Umumnya, di akhir ulasan terdapat nilai-nilai yang dapat diambil hikmahnya. Itulah sebabnya, orang yang melakukan resensi pun tidak boleh sembarangan. Pembuat resensi disebut resensator. Seorang resensator harus menguasai dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang karya yang akan diresensi. Jika karya yang ingin diulas berupa buku, maka resensator harus membaca buku itu terlebih dahulu. Begitu juga, jika karya berupa film, maka resensator wajib menonton dulu film tersebut.

Tujuan Teks Ulasan / Resensi

Lalu apa tujuan membuat teks ulasan / resensi? Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang standar kelayakan dan kepatutan sebuah karya. Dengan kata lain, teks ulasan / resensi memberikan pertimbangan berupa informasi kepada masyarakat akan kehadiran suatu karya, apakah karya tersebut layak diterima atau tidak, sesuai selera pembaca atau tidak, patut mendapat sambutan atau tidak, memiliki nilai jual atau tidak, ada yang baru ataukah hanya sekadar mengubah karya sebelumnya.

Selanjutnya, secara terperinci tujuan penulisan teks ulasan / resensi, yaitu:
  1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan kritikan terhadap suatu karya
  2. Mengetahui kelebihan/keunggulan dan kelemahan/kekurangan karya yang diresensi.
  3. Mengetahui latar belakang dan alasan suatu karya diterbitkan.
  4. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya.
  5. Mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan permasalahan yang muncul dalam suatu karya.
  6. Memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang nilai kepantasan sebuah karya.
  7. Memudahkan pembaca untuk mengidentifikasi hubungan suatu karya dengan karya-karya lain yang serupa atau sejenis.
  8. Memberikan pertimbangan kepada pembaca sebelum memilih, membeli, atau menikmati suatu karya. 

sumber ilustrasi : www.flickr.com

Jenis-Jenis Teks Ulasan / Resensi

Berdasarkan isinya, teks ulasan / resensi dibagi menjadi:
  1. Teks Ulasan / Resensi Informatif
    Resensi ini berisi gambaran singkat, padat, dan umum dari suatu karya. Resensi ini tidak menyampaikan keseluruhan isi suatu karya, melainkan hanya memaparkan bagian-bagian penting saja dan menekankan pada keunggulan dan kelemahan dari karya yang diulas.
  2. Teks ulasan / Resensi Deskriptif
    Teks ulasan ini membahas secara detail pada tiap bagian suatu karya. Teks ulasan ini umumnya dilakukan pada karya fiksi guna mendapatkan gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, dan kekuatan argumentatif yang dituangkan penulis di dalam suatu karya.
  3. Teks Ulasan / Resensi Kritis
    Teks ulasan ini berbentuk ulasan terperinci terhadap suatu karya dengan mengacu pada metode dan pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat dengan benar-benar objektif dan kritis, bukan berupa pandangan pembuat resensi. Contohnya melakukan resensi pada novel dan karya fiksi lain menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

Referensi:

  1. Judul buku: Kisi-kisi Pasti Ujian Nasional SMP 2015 Prediksi Akurat: Kumpulan Soal-soal, Pengarang: Reni Fitriani S.pd 
  2. Judul buku: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Pengarang: Nurul Hidayah, M.Pd.
  3. Judul buku: Pias-Pias Materi Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk kelas XII SMA/MA, Pengarang: Herson Kadir, Lian Puluhulawa

Demikian pembahasan materi Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Teks ulasan / Resensi. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian, Tujuan, Jenis-Jenis Teks ulasan / Resensi "

Post a Comment